JURNAL DEFINISI CERDAS MENURUT SISTEM INFORMASI



JURNAL
DEFINISI CERDAS MENURUT SISTEM INFORMASI




Nama                       : Fajar Syairillah
NPM                        : 12115443
Kelas                       : 3KA13
Nama Dosen           : EEL SUSILOWATI,SKOM,MM



UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER & TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN SISTEM INFORMASI
PTA 2017/2018




INTEGRASI, PENGARUH DAN MASA DEPAN SISTEM CERDAS DALAM SISTEM PENDUKUNG MANAJEMEN


ABSTRAK

               Membangun Sistem Pendukung Manajemen adalah tahap pertama untuk mendukung pengambilan keputusan dan pemecahan masalah. Yang lebih penting lagi, sistem ini harus diperkenalkan ke dalam organisasi dan harus digunakan sesuai dengan tujuan organisasi. Dengan begitu, integrasi sistem berbasis komputer berarti bagian utama dari sistem yang berfungsi sebagai satu kesatuan terpadu dan dapat dilakukan pada tingkat pengembangan atau penerapan tingkat sistem. Umpan balik dari permasalahan ini diterapkan pengolahan data, pengetahuan dan model pengambilan keputusan dalam meningkatkan penggunaan hari ini dan masa depan.


1. PENDAHULUAN

                Menambahkan kecerdasan pada proses pemodelan (membangun model atau menggunakan model yang sudah ada) dan pada manajemennya memberi banyak arti, karena beberapa tugas yang terlibat (misalnya, pemodelan dan pemilihan model) membutuhkan sejumlah keahlian. Topik pemodelan cerdas dan manajemen model cerdas menarik perhatian yang sangat besar dari kaum akademik yang dimulai pada era tahun 1990-an. Walau dalam implementasinya, integrasi tersebut cukup sulit dan lambat, misalnya Web Services, dapat memecahkan banyak masalah integrasi ditinjau dari studi detail mengenai lingkungan pemodelan berbasis komputer oleh pembuat model (analis) dan pengguna model (pengambil keputusan). Sebagian besar integrasi sistem pendukung manajemen saat ini dilakukan berbasis Web dan melibatkan sistem perusahaan, seperti Enterprise Management System, data warehouse, dan sistem cerdas. Salah satu perangkat lunak yang disediakan antara lain adalah Oracle, yang memasukkan optimalisasi sistem pendukung manajemen untuk penjadwalan dan alokasi sumber daya.
               Sistem pendukung manajemen adalah bagian penting dalam revolusi informasi, web dan pengetahuan yang menjelma menjadi sebuah transformasi budaya yang disadari oleh banyak pihak dalam manajemen. Yang menjadi bagian dari transformasi cepat ini adalah masalah manajerial dan sosial : pengaruh pada struktur organisasional, daya tahan terhadap perubahan, tingkat pengangguran yang bertambah dengan cepat. Memisahkan Sistem Pendukung Manajemen dari sistem komputerisasi adalah tugas yang sulit, terutama karena tren integrasi pada sistem informasi lainnya yang berbasis komputer. Mengapa perlunya melakukan integrasi dalam perangkat lunak sistem pendukung manajemen :
(1) untuk meningkatkan kemampuan aplikasi dari sistem pendukung manajemen, dalam hal ini piranti saling melengkapi.
(2) meningkatkan kemampuan aplikasi nonsistem pendukung manajemen, misalnya piranti sistem cerdas ditambahkan dalam sistem analisa.
(3) peningkatan kemampuan sistem cerdas, dalam hal ini adalah meningkatkan akuisisi pada sistem cerdas.
               Sistem Pendukung Manajemen dapat memberikan implikasi mikro dan makro, mempengaruhi sebagian individu dan pekerjaan, struktur kerja departemen dan unit dalam suatu organisasi.

2. PEMBAHASAN
2.1. Integrasi Sistem Cerdas Dalam Sistem Pendukung Manajemen

               Integrasi merupakan penyatuan bagianbagian dari sebuah sistem untuk tujuan tertentu. Integrasi dapat dilihat dari dua aspek, yaitu fungsional dan fisik.
               Integrasi fungsional mengimplikasikan bahwa aplikasi-aplikasi yang berbeda disediakan sebagai sistem tunggal. Sebagai contoh, bekerja dengan electronic mail, menggunakan spreadsheet, berkomunikasi dengan database eksternal, membuat representasi grafis dan menyimpan serta memanipulasi data, semuanya dapat dilakukan pada workstation yang sama.
               Integrasi Fisik mengacu pada pemaketan perangkat keras, perangkat lunak dan fitur komunikasi untuk mencapai integrasi fungsional. Adapun tiga tujuan utama integrasi perangkat lunak sistem pendukung manajemen :
·         Meningkatkan kemampuan aplikasi sistem pendukung manajemen Dalam hal ini peranti tersebut saling melengkapi. Setiap piranti menjalankan subtugas, misalnya sistem pendukung keputusan dapat digunakan untuk rekomendasi rencana alokasi sumber daya. Sehingga diharapkan untuk dapat diintegrasikan pada beberapa aplikasi sistem pendukung manajemen lainnya.
·         Meningkatkan kemampuan aplikasi non sistem pendukung manajemen Misalnya piranti kecerdasan bisnis ditambahkan ke sistem Enterprise Resources Planning (ERP) untuk menyediakan kemampuan analitik. Demikian juga, sistem cerdas ditambahkan dalam sebuah sistem forecasting atau sistem pelelangan elektronik.
·          Peningkatan dengan piranti cerdas Disini tujuan integrasi adalah untuk meningkatkan piranti lain. Pada level tertentu, alasan utama mengintegrasikan sistem pendukung keputusan dan sistem cerdas adalah manfaat dari masingmasing terknologi tersebut disediakan untuk yang lain. Berikut ilustrasi dari integrasi Sistem Cerdas ke semua komponen sistem pendukung manajemen.


(GAMBAR 1) 

Penjelasan dari ilustrasi Gambar 1 :
          Sistem pakar dapat diintegrasikan ke dalam setiap atau semua komponen sistem pendukung manajemen. Seperti nampak dalam ilustrasi tersebut, ada lima sistem pakar :
· ES 1 : Komponen cerdas database
· ES 2 : Sistem Cerdas untuk basis model dan manajemennya
· ES 3 : Sistem untuk memperbaiki antarmuka pengguna
· ES 4 : Konsultan untuk pembuat sistem pendukung manajemen.
· ES 5: Konsultas untuk pengguna. Pengguna sistem pendukung manajemen membutuhkan saran pakar untuk persoalan yang kompleks, seperti sifat masalah, kondisi lingkungan atau masalah implementasi.

2.2. Contoh Implementasi Sistem Cerdas Dalam Sistem Pendukung Manajemen

               Salah satu contoh implementasi sistem cerdas dalam sistem pendukung manajemen adalah sistem untuk mendukung pelayanan kesehatan  bagi para orang lanjut usia (lansia) yang menghuni panti perawatan lansia. Sebuah sistem yang terkomputerisasi akan meminnta inputan kepada perawat mengenai kondisi dari pasien-pasien secara umum maupun khusus. Hasil dari inputan tersebut, adalah keputusan menentukan pengawasan dan perawatan seperti apa yang dibutuhkan oleh masing-masing pasien.
               Hasil yang dikumpulkan oleh perangkat pengawas diinterpretasikan oleh sistem cerdas sehingga memungkinkan staff untuk menentukan :
·         Lokasi pasien; mengindikasikan apakah penghuni berada dalam area fasilitas yang sesuai
·         Penurunan berat badan; mengindikasikan kondisi-kondisi seperti gagal jantung
·         Kegelisahan dimalam hari; mengindikasikan kondisi seperti obat penghilang rasa sakit yang   tidak cukup
·         Frekuensi ke kamar mandi; mengindikasikan persoalan medis seperti infeksi
·       Lamanya pasien meninggalkan tempat tidur; mengindikasikan bahwa pasien mungkin jatuh atau melemah kondisinya.
2.3. Pengaruh Integrasi Sistem Cerdas Dalam Sistem Pendukung Manajemen

               Beberapa pengaruh integrasi sistem cerdas dalam sistem pendukung manajemen adalah sebagai berikut :
·        Sistem cerdas akan berpengaruh pada efisiensi biaya personalia, karena pekerjaan “berpikir” yang seharusnya dikerjakan oleh manusia akan dikerjakan oleh sistem
·        Kemudahan dalam mendapatkan keputusan melalui sebuah sistem yang terkomputerisasi akan mengubah pola hidup dan bekerja, yaitu beralih ke komunitas virtual
·        Sistem cerdas yang diaplikasikan dalam berbagai kebutuhan pekerjaan akan mengurangi atau bahkan mengeliminasi kebutuhan kehadiran manusia. Hal ini dapat menghindarkan manusia dari lingkungan berbahaya atau tidak nyaman.
·        Dengan adanya penerapan teknologi yang canggih, akan meningkatkan kepercayaan dan loyalitas konsumen kepada perusahaan terkait.
·        Jika tidak dikelola dengan baik dan diberika n batasan-batasan penggunaannya, makan akan muncul fenomena “menyalahkan komputer” demi menutupi kesalahan atau kekeliruan manusia. Untuk membenarkan tindakan yang seharusnya tidak benar.


 2.4. Masa Depan Sistem Pendukung Manajemen

               Ada banyak pertanyaan yang muncul dalam kajian ini (1) apakah sistem cerdas telah matang dan sistem tersebut bisa dikatakan sebagai mainstream bidang teknologi informasi? (2) apakah sistem cerdas tersebut masih berkembang? Ada beberapa pandangan yang akan menjawab bagaimana masa depan sistem pendukung manajemen :
·         Sistem pendukung manajemen menjadi teknologi berbasis web, dimana dilihat dari peningkatan penggunaan Web sebagai sarana pengembangan strategi pemasaran.
·         Sistem cerdas yang diintegrasikan dengan sistem analitikal berbasis Web.
·         Munculnya sistem cerdas jaringan syaraf dan fuzzy logic
·         Teknologi dukungan keputusan frontline yang sebagian besar mendukung manajemen hubungan pelanggan dengan organisasi.

Berkut ilustrasi dar Sistem Pendukung Manajemen yang terintegrasi secara global.



(GAMBAR 2)

3.KESIMPULAN

               Sistem pendukung manajemen memiliki pengaruh yang luas terhadap organisasi dan masyarakat. Pengaruh ini dimulai dari penyediaan akses informasi cepat sampai  (komunikasi instan) di seluruh dunia, sampai sistem cerdas tiruan untuk menggantikan usaha manusia. Oleh karena itu, manajer perlu merencanakan sistem pendukung manajemen dimasa mendatang.

DAFTAR PUSTAKA
Turban, E., et al. (2001). Information Technology for Management, 2nd rev. ed. New York: John Willey.
Turban, E., et al. (2009). Decision Support Systems and Intelligent Systems, 7th rev. ed. Yogyakarta: Andi.
 __________. (2006). Sistem Informasi Dalam Berbagai Perspektif, 1st ed. Informatika Bandung.
 Lauden, Lauden. (2006). Sistem Informasi Manajemen : Mengelola Perusahaan Digital, 8th rev. ed. Yogyakarta: Andi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisa Struktur Organisasi PT. Indofood CBP Cabang Bandung

Perancangan Sistem Aplikasi Pendaftaran Online SMK Bakti Idharta Jakarta

Question About Listening Comprehension, Structure Written Expression, Reading Comprehension With Answer