Analisa Web Bukalapak
Kali ini saya akan menganalisa web e-commerce yang lumayan terkenal yaitu Bukalapak. Sebagai salah satu tugas kuliah saya.
Sejarah Bukalapak
1. Notifikasi SMS tiap ada pesanan
3. Kepastian menerima dana
4. Prioritas di mesin pencarian
5. Perhitungan ‘ongkos kirim’ otomatis
Apa Itu Bukalapak
Bukalapak merupakan salah satu pasar daring (online
marketplace) terkemuka di Indonesia (biasa dikenal juga dengan jaringan toko daring ) yang dimiliki
dan dijalankan oleh PT. Bukalapak. Seperti halnya situs layanan jual - beli
daring (online) dengan model bisnis consumer-to-consumer (C2C), Bukalapak
menyediakan sarana penjualan dari konsumen-ke-konsumen di mana pun. Siapa pun
bisa membuka toko daring untuk kemudian melayani calon pembeli dari seluruh
Indonesia baik satuan ataupun dalam jumlah banyak. Pengguna perorangan ataupun
perusahaan dapat membeli dan menjual produk, baik baru maupun bekas, seperti
sepeda, ponsel, perlengkapan bayi, gawai (gadget), aksesori gawai, komputer,
sabak (tablet), perlengkapan rumah tangga, busana, elektronik, dan lain-lain.
Sejarah Bukalapak
Bukalapak didirikan oleh Achmad Zaky pada awal tahun 2010
sebagai divisi agensi digital bernama Suitmedia[2] yang
berbasis di Jakarta. Namun, Bukalapak baru berstatus sebagai sebuah Perseroan
Terbatas (PT) pada September 2011 dan dikelola oleh manajemen yang dipimpin
oleh Achmad Zaky sebagai CEO (Chief Executive Office) dan Nugroho Herucahyono
sebagai CTO (Chief Technology Officer).
Setelah berdiri kurang lebih setahun, Bukalapak mendapat
penambahan modal dari Batavia Incubator[3] (perusahaan
gabungan dari Rebright Partners yang dipimpin oleh Takeshi Ebihara[4], Japanese
Incubator dan Corfina Group). Di tahun 2012, Bukalapak menerima tambahan
investasi dari GREE Ventures[5] yang
dipimpin oleh Kuan Hsu[6].
Pada bulan Maret 2014, Bukalapak mengumumkan investasi oleh
Aucfan, IREP, 500 Startups, dan GREE Ventures.[7] Tidak
berselang lama dari pemberitaan tersebut, di tanggal 18 Maret 2014 Bukalapak
pun meluncurkan aplikasi seluler untuk Android.
Aplikasi yang dikenal dengan mobile
Bukalapak tersebut diciptakan khusus untuk para penjual untuk mempermudah
penjual dalam mengakses lapak dagangannya dan melakukan transaksinya melalui
smartphone. Sejak pertama kali diluncurkan sampai dengan 3 Juli 2014, applikasi
tersebut telah didownload oleh lebih dari 87 ribu user Bukalapak.
Walaupun baru berdiri kurang lebih 3 tahun, Bukalapak
memiliki reputasi yang baik dalam hal customer service dan websitenya yang
mudah untuk di akses. Bukalapak pun seiring dengan berjalannya waktu, semakin
berkembang dengan inovasi terbarunya untuk mempermudah para pengguna Bukalapak
untuk transaksinya.
Pada 25 Juni 2014 Bukalapak menambahkan fitur Quick Buy, yaitu di
mana pembeli tidak perlu melakukan registrasi akun terlebih dahulu ketika akan
membeli barang. Ketika muncul halaman, cukup isi data pembelian dan pembeli
memilih tab Beli Tanpa Akun. Tahapan ini, pembeli cukup memasukkan email yang
selalu aktif dan detail alamat pengiriman barang. E-mail aktif tersebut
nantinya digunakan untuk mengirim tagihan pembayaran dan sebagai kontak untuk
menghubungi pembeli jika terjadi kesalahan saat transaksi. Oleh karena itu
untuk email diharapkan tidak salah dalam penulisannya, karena nantinya akan
berpengaruh kepada verifikasi transaksi anda.
Bukalapak memiliki program untuk memfasilitasi para UKM yang ada di Indonesia untuk melakukan
transaksi jual beli secara online. Hal ini dikarenakan transaksi melalui online
dapat mempermudah UKM dalam menjual produk-produk yang mereka miliki tanpa
harus memiliki toko offline. Untuk yang telah memiliki toko offline, Bukalapak
mengharapkan dengan adanya situs tersebut dapat membantu meningkatkan penjualan
toko offline tersebut.
Dari laporan keuangan EMTEK tahun 2015 (pemilik 49% saham
Bukalapak), diketahui bahwa Bukalapak telah mendapatkan dana investasi dari
EMTEK total hingga Rp 439 miliar. Namun sepanjang tahun 2015 Bukalapak tercatat
masih merugi hingga Rp 229 miliar rupiah, dengan pemasukan Rp 6,4 miliar.
6 Kelebihan Belanja Di Bukalapak
1. Notifikasi SMS tiap ada pesanan
Penjual akan mendapat SMS (jaringan GSM) tiap ada pesanan
oleh pembeli yang sudah bayar, sehingga penjual tak perlu habiskan waktu
melayani tawar-menawar atau pertanyaan oleh pembeli yang belum tentu membeli.
Penjual akan mendapat feedback positif tiap bertransaksi
walaupun pembeli tidak memberikan feedback setelah menerima barang. Dengan
begitu penjual tak perlu lagi meminta pembeli memberikan feedback atau
rekomendasi.
3. Kepastian menerima dana
Penjual akan menerima dana pembayaran setelah barang
diterima pembeli. Jika pembeli belum konfirmasi menerima barang 2×24 jam setelah
kurir mengirim pesanan maka dana otomatis diteruskan ke penjual.
4. Prioritas di mesin pencarian
Setiap produk di Bukalapak.com terus dioptimasi agar muncul
di urutan teratas halaman pertama hasil mesin pencarian seperti: Google, Yahoo
& Bing. Jadi, setiap produk bukan hanya dilihat oleh ratusan ribu
pengunjung bukalapak.com tapi juga jutaan orang yang mencari di Google dll.
5. Perhitungan ‘ongkos kirim’ otomatis
Bukalapak.com akan otomatis menghitung ongkos kirim dari
kota asal penjual ke kota tujuan pembeli dan menambahkannya ke total pembayaran
pembeli. Jadi penjual tak perlu repot cek ongkos kirim tiap mau bertransaksi.
(Bukalapak.com pakai JNE Reguler untuk perhitungan ongkos kirim)
Bukalapak.com selalu meningkatkan pelayanan demi kesuksesan
penjual, salah satunya dengan memberikan tips
sukses jualan online. Jangan ragu tanyakan kepada BL jika membutuhkan
pendapat untuk mengembangkan bisnismu di Bukalapak.com
Yuk! Segera mulai bisnis secara online bersama Bukalapak.com
Yuk! Segera mulai bisnis secara online bersama Bukalapak.com
Panduan Belanja Online di Bukalapak
Belanja di Bukalapak itu mudah dan aman. Transaksi dijamin
aman karena ada Payment System yang melindungi pembeli dari penipuan. Dana
transaksi dikembalikan 100% jika barang tidak dikirim.
1.
Cari Barang
Kamu dapat mencari barang yang kamu inginkan dengan fitur Search
atau berdasarkan kategori.
2.
Klik Beli
Pilih barang yang kamu inginkan kemudian klik Beli.
3.
Shopping Review
4.
Pembayaran
Kamu dapat melakukan pembayaran ke rekening Bukalapak
melalui BukaDompet, Mandiri ClickPay, BCA KlikPay, CIMB Clicks , Kartu
Visa/Mastercard atau Transfer.
5.
Konfirmasi Terima Barang
Setelah barang sampai, lakukan konfirmasi dengan menekan Konfirmasi
Terima Barang pada halaman Detail Transaksi.
Transaksi akan dianggap selesai setelah kamu memberikan
konfirmasi terima barang kepada pelapak yang bersangkutan.
Panduan Jualan Online di Bukalapak
Berjualan online di Bukalapak itu mudah dan aman. Ayo jualan
online tanpa dipungut biaya (gratis) di Bukalapak!
Kamu bisa menjual barang dengan Harga yang kamu inginkan.
Gunakan foto barangmu yang terbaik untuk meningkatkan minat
pembeli.
2.
Kelola Transaksi
Kamu dapat mengelola dan memantau transaksi secara langsung
pada halaman Transaksi. Setiap transaksi memiliki 5 status: Menunggu, Dibayar, Dikirim,
Diterima, dan Selesai.
3.
Pengemasan dan Pengiriman Barang
Kamu akan menerima e-mail, notifikasi, dan sms setiap
pembeli berhasil melakukan pembayaran. Pada tahap ini status transaksi adalah Dibayar.
Kamu dapat mengemas barang daganganmu lalu mengirimkannya (melalui kurir, dll).
Ingat, pengemasan yang bagus dan pengiriman yang cepat akan meningkatkan
reputasi kamu.
4.
Terima Uang & Feedback
Kamu akan menerima uang pembayaran dan feedback setelah
pembeli menerima barang. Jangan sampai kamu menerima Feedback Negatif karena
pembeli tidak puas dengan pelayanan kamu. Semakin banyak feedback positif yang
kamu miliki maka semakin baik Reputasimu dan kamu akan memperoleh lebih banyak
kepercayaan dari pembeli.
Sumber:
https://blog.bukalapak.com/2013/05/6-keuntungan-berjualan-online-di-bukalapak-com/
https://panduan.bukalapak.com/buyer/
Komentar
Posting Komentar